Sunday, May 27, 2012

Tri masketir dalam Rakornas ISMKI

0 comments


Setelah berjalannya kepengurusan ISMKI periode 2012, pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di FK Universitas Kristen Maranatha Bandung pada tanggal 18-20 Mei 2012. Rakornas dirancang konsepnya oleh "Tri Masketir" sebagai Steering Comite (SC). SC itu diambil dari kepengurusan yang berbeda bidang dan institusi. Salah satu SC saya dan sahabat saya Seno dari UKM dan Wisnu dari Unisba. Merancang konsep rakornas sudah berjalan dari beberapa bulan sebelum pelaksaanan. 

Gambar. Seno (kanan) dan Wisnu (kiri).
Tak terduga pelaksaan Rakornas kali ini sungguh luar biasa, karena bisa dihadari oleh 42 institusi dengan jumlah delegasi 150 peserta. Ini bisa menjadi kebanggan kami dan panitia tuan rumah tapi juga membuat kami harus bekerja keras saat acara hari H. Begttu banyak konsep acara yang dirubah sehingga perlu bekerja keras memutar otak supaya berjalan maksimal. Walaupun banyak yang mengkritisi tapi kamu berupaya memberikan semaksimal kami. Alhamdulillah lancar...

Gambar 2. Peserta Rakornas 2012.

Rakornas ini tidak hanya sebagai ajang untuk rapat koordinasi antara pengurus harian ISMKI dengan institusi, tapi disini kita banyak menemukan keluarga baru dan pengalaman yang begitu berharga. Institusi yang datang dari ujung Aceh hingga sampai dari wilayah timur Indonesia berkumpul untuk menyatukan suara demi kemajuan ISMKI dan bangsa Indonesia. Berbagai macam pemikiran dikelola menjadi satu dan mewujudkan hasil yang bermanfaat untuk bangsa ini.

Gambar 3. Delegasi Unsoed.
Perwakilan FK Unsoed yang datang ke Rakornas berjumlah 4 orang termasuk saya. Ada mba noni sebagai PHN Pendpro, Miko sebagai Presbem FK Unsoed, dan Kelly sebagai staff Kementrian Eksterna. Kami berangkat tidak bersama-sama dari Purwokerto tapi berangkat dari daerah masing-masing karena sebelum hari pelaksanaan terdapat libur beberapa hari sebelumnya. Namun kita sudah bertemu satu sama lain pada hari Jum'at, hari pertama rakornas.


Rakornas menjadi moment buat kumpul secara langsung dengan masing-masing bidang termasuk PSDM nasional. Dari 13 jumlah anggota di PSDM nasional, yang datang ke Rakornas berjumlah 10 orang walaupun tidak ada satu moment kumpul semua. Berkesempatan bisa bertatapan muka secara langsung dimanfaatkan untuk pembahasan proker yang akan dilaksanakan dan mengevaluasi proker. Banyak sekali masukkan yang menjadikan bahan diskusi kami dan kami juga banyak terbantu dari teman-teman sekwil dari wilayah I sampai IV. 

Gambar 4. PSDM Nasional 2012 (dari kanan ke kiri, Mas Defri unand,  Ivan UGM, Intan Unri, Ovil UII, Fajri UGM, Anty Undip dan saya).
Perjalanan ke bandung kali ini begitu banyak pembelajaran dan pengalaman hidup bersama keluarga ISMKI. Tak kan terlupakan bersama mereka walaupun hanya tiga hari. Terima kasih buat sahabat ku Wisnu yang telah memberikan tumpangan penginapan, pengalaman dan perjuangan untuk totalitas, untuk sahabatku Seno yang telah memberikan transportasi dan cerita-cerita berharga. Keluarga PSDM Nasional yang selalu bersemangat dalam suasana kekeluargaan. Suatu saat akan berjumpa lagi sobat.... :)

"Tulisan kenangan hanya berupa cerita tapi yang lebih berharga berada di masing-masing hati kita"

Leave a Reply