Saturday, June 30, 2012

10 Pra dan H Aktivitas Bulan Ramadhan

3 comments
Tidak terasa sekarang sedang memasuki bulan Syaban dan tinggal beberapa hari lagi akan memasuki Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan hikmah. Banyak orang yang menanti-nanti kedatangannya. Sungguh luar biasa, bagi kita yang berbahagia dengan datangnya Ramadhan, pintu surga terbuka buat kita. Yukz kita benahkan diri kita sebelum memasuki bulan nan suci ini.

10 aktivitas yang bisa dilakukan sebelum Ramadhan tiba, baik dari segi rukhiyah, fikriyah dan lahiriyah kita yaitu:
  1. Banyaklah membaca buku yang berkaitan dengan Ramadhan. Kita sering menjumpai Ramadhan, apa salahnya jika kita membaca kembali buku-buku yang berkaitan dengan Ramadhan untuk mengingatkan kembali pada pemikiran kita. Mungkin juga kita akan mendapatkan ilmu baru yang menambah semangat di Ramadhan nanti.
  2. Membiasakan diri kita untuk berpuasa sunnah senin dan kamis. Ini sebagai latihan fisik kita sebelum nantinya kita akan shaum selama satu bulan. Secara kesehatan ini membantu tubuh untuk beradaptasi dengan kondisi shaum dan siap menerima keseimbangan tubuh saat kita sedang menahan lapar dan haus.
  3. Lakukan tidur awal dan membiasakan diri untuk bangun awal. ini berkaitan dengan jam sepertiga malam akhir yang biasa kita gunakan untuk  shalat qiyamul lail dan sahur. Kondisi tubuh akan lebih prima, jika kita istirahat cukup. Setelah bangun nantinya jangan tidur kembali namun lanjutkan dengan shalat subuh.
  4. Membaca Al-Quran setiap hari dengan tadabut, khusyuk dan terancang. Ketika Ramadhan banyak diantara kita yang menargetkan untuk mengkhatamkan Al-Quran selama Ramadhan. Maka kita perlu latihan dari sekarang sebelum bershaum nantinya agar tetap istiqomah.
  5. Memelihara wudhu senantiasa pada diri. Kesucian dapat kita jaga dengan berwudhu dan kita dapat terbersihkan dari najis kecil.
  6. Bermuhasabah pada malam hari sebelum tidut. Ini sebagai bahan evaluasi kita terhadap hal yang telah dilakukan dari awal bangun tidur hingga menjelang tidur kembali. Muslim yang baik akan selalu memperbaiki kesalahan yang ada pada dirinya, karena akan merugi jika hari ini lebih buruk daripada kemarin.
  7. Memperbanyak Sodaqoh melatih kita untuk membagikan harta yang kita memiliki untuk dibagikan kepada yang berhak menerimanya. Lakukan sedikit demi sedikit karena bisa menjadi tumpukan pahala nantinya.
  8. Meluangkan waktu menyendiri sambil berdzikir kepada Allah SWT. Kita berikan waktu khusus kita untuk bermunajat kepada-Nya. Kita memohon kepada-Nya semoga diberikan umur hingga Ramadhan berakhir.
  9. Membantu orang lain yang memerlukan bantuan. melatih untuk peduli kepada orang lain, meningkatkan fungsi sosial kita dalam bermasyarakat. Dengan begitu meninbulkan rasa syukur kita atas segala yang kita miliki. Masih banyak orang lain yang lebih susah daripada kita.
  10. Tanamkan rasa cinta kepada Ramadhan. Keagungan bulan Ramadhan menjadi spesial karena Allah memberikan banyak karunia-Nya yang diturunkan selama Ramadhan yang belum tentu kita dapat di bulan lain. Maka cinta kita akan digantikan dengan yang lebih baik dari Allah SWT.
Gambar 1. 10 Warming Up Menuju Ramadhan (Islam itu Indah, 2012)
Tidak hanya yang bisa dilakukan sebelum Ramadhan datang, kita perlu tingkatkan amal-amal kebaikan kita selama berada di bulan nan suci. Ada 10 tips yang bisa kita lakukan supaya tetap produktif selama bershaum.
  1. Kita yakinkan diri untuk bersungguh-sungguh dalam menjadi shaum dan tidak menjadikan kita untuk malas beraktivitas. Aktivitas yang kita lakukan seharusnya lebih daripada bulan sebelumnya, dengan memperbanyak amal ibadah dan kegiatan-kegiatan untuk saling berbagi selama Ramadhan.
  2. Mencatat tugas yang akan dilakukan esok hari. Lakukan ini pada malam hari sebelum tidur dan itu merupakan targetan kita selama Ramadhan.
  3. Tidak lupa untuk bangun sahur. Usahakan bagun sebelum imsyak datang dan lebih baik lagi jika kita melakukan salat malam terlebih dahulu. Seimbangkan makanan pada sahur untuk mempersiapkan tubuh agar tetap sehat.
  4. Mulai menjalani tugas setelah subuh berlalu. Seperti membaca Al-Qur'an, mendengarkan kuliah subuh maupun berolahraga. Tidak baik jika kita tidur kembali setelah subuh.
  5. Istirahatkan sejenak tubuh sebelum atau setelah dzuhur. Tidak lebih dari 20 menit, hanya untuk menghilangkan keletihan sementara saja dan mengisi energi kembali.
  6. Rencanakan untuk menyempurnakan shalat wajib untuk selalu berjamaah dan utamakan tepat waktu shalat.
  7. Khususkan waktu selama satu jam untuk membaca Al-Quran sambil membaca terjemahannya agar menjadi hikmah.
  8. Tidak lupa kesempatan selama Ramadhan ini untuk berdakwah. Tebarkanlah kebaikan-kebaikan kepada sesama dengan cara yang santun.
  9. Buka shaum tidak langsung memasukkan makanan yang besar. Cukup untuk makanan kecil yang manis sebagai pengisi glukosa dalam tubuh, lalu lanjutkan dengan shalat maghrib. Lalu makan besar diperbolehkan.
  10. Gambar 2. Tips Produktif selama Ramadhan (Productivemuslim.com, 2012)
  11. Bersodakohlah sebanyak-banyaknya dan saling berbagai sesama muslim.

3 Responses so far

  1. dokunimus says:

    Syukron akh, atas tips tips menghadapi bulan ramadhan.

  2. Semangat nih menanti ramadhan. Segalanya harus lebih baik biar gak rugi :D

  3. baguuuuuuuuus, dek
    lebih bagus lagi kalo diagram2 nya dipajang di depan masjid hmmk
    atau di mading
    (apa malah jangan2 udah dipajang? hehhehehe. maap jarang k kampus skarang).

    sukses y, dek
    barokallohu fiik

Leave a Reply