Saturday, July 6, 2013

Ramadhan, Rindu Bersama Keluarga

0 comments
Banyak orang yang senang dengan datangnya bulan Ramadhan. Ya begitu spesial bulan Ramadhan karena banyak berkah dan hikmah yang diturunkan di bulan ini. Satu moment yang bisa dilakukan adalah kumpul bersama keluarga. Pastinya setiap orang ingin bertemu dengan sanak keluarga ketika Ramadhan akan berakhir. Tapi berbeda bagi para petugas kesehatan dan profesi lainnya yang harus merelakan waktunya untuk tidak berkumpul dengan keluarganya di saat lebaran.

Tahun ini merupakan tahun pertama saya di dunia Coass (dokter muda) dan begitu berbeda dengan tahun sebelumnya. Kenapa? karena masa studi saya masih berjalan ketika Ramadhan bahkan hari raya pun banyak coass yang tidak pulang kampung harus jaga di rumah sakit. Biasanya ketika masih jaman pre-Klinik (semester 1-7) itu minimal 2 minggu sebelum lebaran sudah ada di rumah dan bisa merasakan puasa bersama keluarga. Namun sekarang tidak berlaku lagi buat kita.

Berat rasanya ketika menyampaikan kepada keluarga bahwa tahun ini tidak bisa pulang dan melaksanakan Idul Fitri bersama meraka. Mungkin ini baru pertama kalinya merasakan harus tidak berkumpul bersama mereka. Rendang, opor ayam, ketupat sayur dan nastar yang selalu buatan ibu menanti di rumah. Itu dirindukan ketika menjelang lebaran. Satu hal lagi yang akan dirindukan yaitu takbiran bersama warga di rumah untuk berkeliling kompleks rumah. 

Ini resiko ketika saya harus memutuskan menjadi seorang dokter. Harus merelakan waktunya demi menjalankan tugas untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tidak hanya seorang dokter tapi juga seperti polisi, supir bis antar kota, masinis dll. Semoga jasa-jasa beliau yang tetap bekerja di hari lebaran mendapatkan amal yang lipat ganda dan nanti saya juga akan seperti itu. Ini masih latihan untuk tetap bertahan dalam kondisi yang sedang merindukan keluarga.

Hanya satu harapan terbesar ialah bisa mempunyai satu hari untuk bisa berkumpul dengan keluarga terutama ayah dan ibu karena ingin meminta maaf atas segala perbuatan dan minta restu agar anaknya tetap mampu mengamalkan ilmu yang telah diperoleh.

Salam Rindu dari Anakmu di Kota Satria.

Leave a Reply