Friday, January 13, 2012

Kekuatan Spiritual untuk Kesembuhan

1 comments
"Hampir semua dokter memiliki deretan daftar kejadian aneh yang tak dapat dijelaskan oleh ilmu pengetahuan normal," dr. Dossey

Hampir setiap hari bagi yang taat menjalani ibadahnya tidak jauh dari doa. Doa yang selalu terpanjatkan untuk meminta dari-Nya dan bersamaan sebuah keyakinan akan efek dari doa tersebut.

Doa dalam Islam begitu banyak keutamaannya, seperti pada firman-Nya:

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.
(QS. Al-Baqarah: 186)

Dalam segi medis ternyata kekuatan doa yang tidak pernah diajarkan dalam sekolah kedokteran memberikan efek yang sungguh luar biasa bagi kesembuhan pasien. Secara logika dengan teori-teori dari textbook belum sepenuhnya bisa terbahas tapi sudah banyak para peneliti melakukan uji coba akan efek dari sebuah doa.

Sebuah penelitian telah mempelajari bagaimana agama, spiritualitas, dan meditasi mempengaruhi orang. Ini dilakukan oleh Center for Complementery and Alternatif Medicine di National Institute of Health pada tahun 1999 sampai 2003 yang telah menghabiskan dana yang cukup besar.

Lalu ada penelitian yang dilakukan oleh dr. Elisabeth Targ meneliti tentang efek doa pada pasien-pasien yang menderita penyakit AIDS tahap lanjut pada tahun 1998. Hasilnya selama enam bulan, sebagian besar yang didoakan ternyata dapat bertahan hidup, tidak begitu sering sakit dan pulih lebih cepat daripada mereka yang tidak didoakan.

Studi yang dilakukan oleh dr. Randolph Byrd di sebuah rumah sakit umum di San Francisco pada tahun 1988. Penelitian yang melibatkan pasien yang mengalami nyeri dada dan serangan jantung, menghasilkan bahwa mereka yang didoakan ternyata lebih baik secara klinis dibandingkan dengan mereka yang tidak didoakan. Dengan begitu komplikasi menjadi lebih sedikit.

Ada juga dari penelitian yang dilakukan oleh dr. Mitchell Krucoff di Pusat Medis Universitas Duke, telah mempelajari efek doa terhadap pasein yang mengalami angioplasti dan kateterisasi. Teknik pemantauan yang dipakai oleh peneliti dengan mengikuti pasien dari masa sebelum kateterisasi hingga pasca angioplasti, mencatat setiap kejadian komplikasi yang mungkin terjadi. Hasilnya pasien yang didoakan ternyata menunjukkan hasil negatif yang lebih sedikit dibandingkan pasien dalam kelompok terapi standar.

Sudah banyak sekali studi penelitian yang telah dilakukan oleh para dokter untuk mengetahui akan manfaat dari sebuah doa. Doa yang selalu kita ucapkan dan panjatkan setiap hari begitu saat memberikan hikmah, yang salah satunya untuk memberikan kesembuhan bagi yang sakit. Doa tidak hanya bisa dilakukan dengan kita berada disamping yang sakit tapi doa juga bisa dipanjatkan ketika jarak begitu saat jauh.

Ada sebuah kisah yang diriwayatkan oleh Imam Urwah bin Zubair rahimahullah. Ini kejadian yang menimpa kakinya di Kota Syam yang menderita penyakit yang sangat berbahaya. Karena dikhawatirkan penyakitnya akan menyebar ke seluruh tubuhnya, dokter berpesan untuk mengamputasi kakinya.

Untuk melakukan operasi amputasi kakinya, dokter menawarkan obat bius padanya supaya menghilangkan rasa sakit. Tapi beliau enggan untuk dibius dan beliau berkata, "Biarkan aku mengingat Allah dan melakukan sholat sehingga aku khusyuk lalu lakukan pekerjaan kalian."

Ketika beliau sedang khusyuk, dokter melakukan operasi amputasinya. Teknik yang dilakukan dengan menggunakan besi panas dengan minyak yang mendidih. Setelah selesai tindakan operasi, beliau merinding dan berdiri dalam keadaan memuji Allah.

Begitu luar biasanya hakikat nilai-nilai spritual yang tertuang dalam dunia kesehatan. Maka mintalah kepada Allah SWT dalam kondisi apapun. Semoga Allah mengabulkan doa hamba-hamba-Nya yang beriman.

Referensi penelitian:

Donna Gehrke-White. 2004. Link Between Faith, Health Get More Attention, Knigt Rider Newspaper.

Sicher, F dkk. 1998. A Randomized Double Blind Study of the Effect of Distant Healing in a Population with Advanced AIDS: Report of a Small Scale Study. Western Journal of Medicine 169 hal. 356-363.

Byrd, R.C. 1988. Positive Therapeutic Effects of Intercessory Prayer in a Coronary Care Unit Population. Southern Medical Journal 81 hal 826-829.

Krucoff, M. 1998. MANTRA (Monitor and Actualization of Noetic Trainings). Presentasi pada pertemuan ilmiah tahunan American Heart Association ketujuh puluh satu.


One Response so far

  1. fajri says:

    mantap mas Saddam :)

Leave a Reply