Wednesday, February 24, 2010

Teman Diatas Gunung

0 comments
fenomena alam yang indah akan terpapar jika kita melihat pemandangan dari atas gunung. Hijaunya gunung yang begitu megahnya mampu terpadu dengan cerahnya langit di siang hari. Betapa suburnya alam Indonesia sehingga mampu menjadi daya tarik untuk bisa menggapai puncak yang nan jauh. Banyak para pendaki yang sudah menempuh tingginya pegunungan dan disana akan ditemukan betapa besarnya keagungan sang Pencipta.


Gunung Geulis

Salah satu gunung yang mempunyai keindahan bangsa Indonesia yaitu gunung Manglayang dan gunung Geulis yang berada di Jatinangor Kabupaten Sumedang. Suasana yang nyaman dan tenang akan terasa jika kita menghirup udara yang berada diatas gunung. Banyak pepohonan yang tumbuh disekitar perjalanan menuju ke puncak gunung. Semakin tinggi mendaki semakin dingin suasana yang dirasakan. Dibutuhkan fisik yang cukup sebelum mendaki karena akan membutuhkan energi yang cukup besar karena daerah perjalanan yang menanjak keatas.


Gunung Manglayang

Terdapat sebuah perkampungan yang akan ditemukan jika ingin mendaki gunung Malahpayang. Di perkampungan itu banyak terdapat rumah-rumah warga yang jarak antara rumah yang satu dengan yang lain cukup berjauhan dan masih banyak pepohonan yang mengelilinginya. Jalan yang cukup terjal dan licin hingga harus berhati-hati dalam melewatinya.

Ketika saya diajak oleh salah satu teman saya untuk mengunjungi salah satu warga yang mendiami perkampungan itu, saya menemui sebbuah rumah yang terbuat dari kayu. Terlihat seorang anak yang berusia sekitar 15 tahun yang dalam kondisi lemas tertidur di salah satu ruang di rumah itu. Kondisi badan yang tidak mampu lagi untuk berdiri karena badan yang sudah sangat kurus akibat penyakit yang dideritanya. Sudah dua tahun penyakit mengidap pada dirinya. Kondisi kelaurga dalam ekonomi rendah yang tidak mampu membawanya untuk berobat ke rumah sakit.



Jiwa semangat untuk sembuh dan beraktivitas terpancar dari sosok muka sang anak yang tidak mampu lagi seperti halnya anak seusianya pada umumnya. Warga sekitar juga berupaya untuk membantu penyembuhan si anak tersebut. Pertolongan yang mampu diberikan tidak hanya sebatas materi saja tapi butuh perhatian dan dorongan untuk mengembalikan penyembuhan.

Kepedulian untuk saudara-saudara kita yang memerlukan bantuan kita, perlu ditanamkan pada generasi muda agar mampu memahami betapa indah persaudaraan dalam Islam yang saling tolong menolong dalam kesulitan dan kesenangan. Masih banyak saudara-saudara kita yang perlu kita perhatikan. Perhatikanlah sekeliling hidup kita, bantulah dengan ikhlas karena Allah Maha Mengetahui apa yang diperbuat umat-Nya untuk membantu sesama.

Leave a Reply