Wednesday, December 22, 2010

Mendorong Pembangunan Sang Generasi Penerus

0 comments
Persahabatan dan rasa kekeluargaan baru mulai terbentuk ketika seluruh orang-orang yang terbaik dari 10 universitas yang berada di wilayah 3 ini berkumpul di LKMM Wilayah 3 yang diselenggarakan pada tanggal 22-26 Juli 2010 di Baturaden, Purwokerto. Untuk yang menjadi pelaksana LKMM Wilayah 3 kali ini ialah BEM KBMK FK Unsoed yang bekerjasama dengan Pengurus harian PSDM Wilayah 3 yang merupakan bagian program kerja PSDM. LKMM Wilayah ini tidak hanya sebagai peningkatan kemampuan peserta dalam pengembangan softskill tapi juga mereka diperkenalkan bagaimana menjadi generasi penerus yang mampu bekerjasama dalam datu tim sehingga terciptalah keluarga baru untuk mereka yang terbentuk dalam beberapa hari namun sudah terlihat sangat kuat ikatannya.

Generasi lulusan LKMM wilayah 3 tahun ini dinamakan generasi "Mendoan". Tampak sekilas seperti makanan khas dari purwokerto, ini merupakan inspirasi peserta LKMM Wilayah 3 karena tempat pelaksanaannya di purwokerto. Namun makna dari mendoan tidak hanya sebatas makanan saja tapi merupakan arti dari "Mendorong Pembangunan" yang menjadi semboyan mereka selama berjalannya LKMM wilayah 3 ini. Sebuah harapan mereka setelah lulus mengikuti acara ini tidak hanya mampu memberikan perubahan tapi juga mendorong pembangunan bangsa yang tidak hanya pembangunan gedung-gedung bertingkat tapi pembangunan hal-hal yang positif untuk bangsa ini.
Hari demi hari mereka ikuti dengan beberapa kegiatan yang berada di LKMM Wilayah 3 mulai dari materi-materi yang menjadi standar wilayah, tutorial, olahraga pagi, outbond, city tour hingga acara penutupan yaitu farewell. Materi-materi yang mereka dapatkan sudah dirancang sesuai dengan SOP yang dibuat oleh PSDM nasional. Pengisi dari materi-materi ini merupakan orang-orang yang mempunyai keahlian dari materi yang disampaikan, mulai dari tingkat wilayah hingga tingkat nasional. Ketika materi berlangsung antusias dari peserta sangat tinggi sehingga suasana menjadi penuh dengan keaktifan dari peserta. Tidak hanya dalam penyampaian materi saja rasa semangat peserta muncul namun ketika olahraga pagi dan outbond pada hari ketiga, rasa persaudaraan yang sudah timbul mampu menguji kekompakkan mereka dalam permaianan yang sudah dirancang oleh panitia supaya mereka memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu bekerja dalam satu tim. Bahkan harus rela berkorban memasuki kolam renang secara bersama-sama setelah acara outbond selesai.
City tour yang diadakan LKMM wilayah 3 ini, peserta diajak untuk melihat keindahan panorama gunung selamet di lokawisata baturaden dan mengelilingi untuk melihat suasana yang sejuk untuk melihat air terjun dan aliran kali kecil yang berasal dari gunung selamet. Selanjutnya peserta diajak ke Purbalingga untuk melihat kekayaan aneka reptil dan beberapa museum yang menyimpan sejarah di Taman reptil. Peserta dapat melihat jenis reptil dari yang diawetkan hingga yang masih hidup. tidak hanya terdapat reptil saja yang ada tapi ada museum uang, museum wayang, museum penghargaan dan beberapa alat-alat ilmu pengetahuan.
Peserta LKMM Wilayah 3 ini membuat rancangan pengurusan ISMKI ditingkat wilayah dengan adanya sekwil dan beberapa jajaran pengurus lainnya. Mereka membuat planning of action berupa pengenalan ISMKI di institusi mereka masing-masing dan kegiatan ini dinamakan "ISMKI Show Time". Dengan adanya kegiatan ini diharapkan untuk mahasiswa baru dapat mengenal ISMKI dan mengalami peningkatan dalam partisipasi mereka dalam kegiatan ISMKI maupun dalam kepengurusan selanjutnya. ISMKI Show Time ini sedang dalam proses setelah mereka mengikuti LKMM wilayah 3 ini.
Menjelang hari terakhir ada farewell sebagai acara penutupan sebelum mereka pulang ke daerah masing-masing. Farewell ini diadakan di pendopo wakil bupati banyumas yang berjarak sekitar 30 menit dari lokasi penginapan peserta. Mereka memberikan sebuah penampilan terakhir dalam bentuk drama musikal yang berjudul "Ande-ande Lumut". Ini terlihat kekompakkan peserta yang berjumlah 39 orang untuk memberikan satu penampilan secara bersama-sama. Penampilan ini memberikan makna yang berkesan buat peserta dan panitia. Selain itu juga ada acara ISMKI AWARD yang dipegang oleh PSDM Wilayah. Dalam acara ini terdapat 5 kategori yang diberikan kepada Pengurus Harian Wilayah (PHW) dan 5 kategori untuk peserta LKMM Wilayah 3.

Leave a Reply